ilmu faal olahraga dan prraktikum

Nama : Kevin Wisnu Pradana Putra

Kelas : 3 B

Prodi : PJKR (S1)

Mata Kuliah : Ilmu faal olahraga dan praktikum




PENGERTIAN ILMU FAAL OLAHRAGA DAN PRAKTIKUM
Pengertian Ilmu Faal - Ilmu Faal merupakan Ilmu yang mempelajari Faal atau fungsi bagian dari alat atau jaringan tubuh.
Psikologi faal adalah suatu ilmu yang mempelajari mekanisme tubuh manusia dan kaitannya dengan perilaku manusia.  Dalam psikologi faal akan dipelajari bagaimana suatu perilaku dapat mempengaruhi mekanisme tubuh manusia dan juga sebaliknya.
Ilmu Faal Olah Raga
Ilmu faal olahraga adalah ilmu yang mempelajari tubuh manusia dan bagian-bagiannya pada waktu olahraga. Faal olahraga sebagai ilmu amalan (Applied Science) merupakan dasar dari ilmu kedokteran olahraga.
Definisi ilmu kedokteran olahraga menurut A. Venerando (1975) adalah “Aplikasi ilmu kedokteran pada olahraga dan aktivitas fisik umumnya, agar didapat keuntungan segi preventif dan kemungkinan terapoetis dari berolahraga untuk mempertahankan keadaan sehat dan menghindari setiap keadaan yang berhubungan dengan kelebihan atau kekurangan latihan fisik” (Karhiwikarta, 1978).
Fisiologi olahraga sebagai salah satu disiplin kedokteran berusaha untuk mempelajari efek latihan terhadap tubuh, mempelajari bagaimana efisiensi tubuh manusia dapat diperbaiki dengan latihan, mempelajari metoda yang paling sesuai untuk menilai 13 perbedaan parameter fisik dan fisiologis dan mempelajari bermacam-macam tes yang cocok untuk mengukur keadaan kesegaran jasmani (Giam, 1993). Berdasarkan tipe dan intensitas performance latihan, olahraga dapat dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu:
  1. Olahraga dinamik, yaitu olahraga yang menyebabkan perubahan pada panjang otot dan pergerakan sendi dengan kontraksi ritmis, tetapi hanya terjadi sedikit perubahan pada kekuatan intramuskular.
  2. Olahraga statik, yaitu olah raga yang menyebabkan perubahan kekuatan intramuskular, tetapi tidak terjadi atau hanya terjadi sedikit perubahan panjang otot dan pergerakan sendi (Mitchell dkk, 1994). Olahraga dinamik dengan melibatkan banyak otot menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen. Sedangkan olahraga statik hanya menyebabkan sedikit peningkatan dalam kebutuhan oksigen.


Ilmu faal olahraga dan praktikum adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan-perubahan fungsi organ tubuh manusia akibat aktifitas olahraga. Perubahan fungsi organ tubuh dapat diklasifikasikan pada dua hal yaitu:

1. Perubahan yang bersifat tetap
    a. Pembesaran otot
    b. Peningkatan jumlah mitokondria
    c. Efisiensi kerja jantung dan pembuluh darah serta paru-paru

2. Perubahan yang bersifat sementara
    a. Perubahan warna kulit
    b. Peningkatan tekanan darah
    c. Peningkatan suhu tubuh
    d. Peningkatan denyut nadi
    e. Peningkatan pernafasan
Perubahan-perubahan yang dialami Cristiano Ronaldo
  • perubahan pada wajah: 

SEMASA KECIL WAJAH CRISTIAN RONALDO TERIHAT SEDIKIT BULAT DAN SETELAH DEWASA BAGIAN WAJAH MULAI TERLIHAT AGAK LONJONG, ITU MEMBUKTIKAN BAHWA PERUBAHAN BENTUK MUKA YANG DIALAMI CRISTIAN RONALDO.

  • PERUNBAHAN POSTUR TUBUH
POSTUR TUBUH DARI KECIL CRISTIAN RONALDO TERGOLONG MASIH SEDIKIT KECIL DAN BELUM MEMPUNYAI BANYAK OTOT YANG BELUM MEMBENTUK KETIKA CRISTIAN RONALDO MULAI BERANJAK DEWASA HINGGA SAMPAI SAAT INI TUBUH CRISTIAN RONALDO SUDAH BANYAK OTOT YANG MEMBENTUK  ITULAH PERUBAHAN BENTUK TUBUH DARI SEORANG CRISTIAN RONALDO.


  • PERUBAHAN PADA OTOT

  1. PERUBAHAN PADA OTOT LENGAN SANGAT TERLIHAT SEKALI DARI OTOT BELUM MEMBENTUK SAMPAI OTOT MEMBENTUK
  2. PERUBAHAN OTOT BAGIAN BETIS
  3. PERUBAHAN OTOT DI BAGIAN DADA
  4. PERUBAHAN OTOT PADA BAGIAN PERUT
  5. PERUBAHAN OTOT BAGIAN PAHA



Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemanasan statis,dinamis dan pemanasan khusus dalam cabor teakwondo

manfaat sit up dan leg raises

manfaat push up dan plank